Tuesday, June 2, 2020

10 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab untuk Menemukan Passion-mu


Passion adalah sesuatu yang menjadi minat atau gairah hidup seseorang. Passion membuat hidup seseorang menjadi lebih hidup. Dengan memiliki passion seseorang lebih bersemangat, lebih menikmati hidup, dan mendapatkan hasil yang lebih optimal dibanding orang tanpa passion.

Namun, tidak semua orang sudah menemukan passion dalam hidupnya. Salah satu cara mencari passion adalah dengan bertanya pada diri sendiri. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat menuntun kita kepada passion yang sebenarnya.

1.  Siapakah aku?

Aku adalah orang yang menyenangkan. Aku adalah orang yang suka menari. Aku adalah pemimpin di kelas. Aku adalah orang yang suka dengan keramaian. Jawaban dari pertanyaan ‘siapa aku?’ akan membuka pintu passion kita yang masih tertutup.

2.  Kemampuan apa yang paling menonjol yang kamu miliki?

Setiap orang pasti punya bakat dan kelebihannya masing-masing. Memahami kemampuanmu yang paling dominan bisa membantumu untuk menemukan passion-mu.


3.  Apa hal yang kamu sukai sewaktu kecil dulu?

Terkadang untuk menemukan passion, kamu bisa mencoba untuk melihat kembali ke masa lalu. Rasa penasaran dari jiwa kanak-kanak biasanya lebih murni. Menemukan jawaban dari pertanyaan di atas mungkin akan mengantarkan kita pada passion kita.


4.  Kegiatan apa yang paling membuatmu bahagia saat melakukannya?

Jawaban dari pertanyaan ini seharusnya mudah untuk ditemukan. Kita hanya harus mengingat hal-hal menyenangkan yang pernah kita lakukan kemudian mencatatnya sebagai salah satu kandidiat passion kita.

5.  Pencapaian apa yang ingin kamu ceritakan pada orang-orang 20-30 tahun dari sekarang?

Cerita tentang karyawan yang harus bangun pagi dan pulang malam, atau cerita tentang orang yang bangga karena passion-nya terwujud? Rasa-rasanya kita tidak mungkin senang menceritakan hal yang tidak kita sukai.

6.  Apa yang membuatmu iri pada orang lain?

Rasa iri tidak selamanya buruk, tapi juga bisa jadi indikator dari sesuatu yang orang lain punya dan kita inginkan. Gali lebih dalam untuk menemukan aspek apa dalam hidup mereka yang membuat kita juga ingin meraihnya.


7.  Keahlian apa yang ingin dipelajari?

Keinginan untuk mempelajari sesuatu mungkin sudah terpendam lama. Tapi karena kesibukan mengejar karir atau kesibukan menyelesaikan pendidikan, kita jadi tidak pernah sempat untuk mewujudkannya. Nah, boleh jadi keahlian yang ingin kamu pelajari itulah passion-mu.

8.  Siapa role model-mu?

Temukan setidaknya tiga orang panutan dalam hidup kita. Lalu, pikirkan secara spesifik tentang masing-masing dari mereka yang membuat kita terinspirasi. Hal ini bisa membantu kita untuk mengidentifikasi nilai-nilai yang kita miliki. Ini bisa menjadi bagian dari passion kita sebenarnya.

9.  Jika kamu punya banyak uang, kamu akan melakukan apa?

Jika diberi uang yang sangat banyak, misalnya 100 miliar, sampai tak perlu lagi bekerja seumur hidup, apa yang akan kamu lakukan? Dengan mengenali jawabannya kita bisa mengenali apa passion kita dan kontribusi apa yang bisa diberikan untuk sekitar.

10.            Jika punya banyak waktu luang apa yang akan kamu lakukan?

Pikirkan kita tiba di suatu tempat, tanpa gawai apapun, apa yang akan kita lakukan? Cara kita menggunakan kemampuan diri dan waktu, menggambarkan banyak soal passion kita sebenarnya. Lebih baik jika passion tersebut bisa membantu hajat hidup orang banyak.


Setelah menjawab semua pertanyaan di atas dan mencatatnya, kamu mungkin akan mendapat 2 sampai 3 hal yang akan menjadi passion kamu. Selamat! It’s a good start. Dengan menemukan passion kamu dapat menentukan arah kehidupanmu selanjutnya dengan lebih baik. []

Artikel Terkait

13 komentar:

Jihan said...

Waaah bener bangettt. Ketika aku nyoba jawab pertanyaan dari tulisan kak Rindang di atas akhirnya bermuara ke satu kegiatan, menulis. Hihi. Thanks for sharing kak Rindang

Renita Oktavia said...

Passion-ku sepertinya memang menulis, Mbak. Mengajar juga ding xixixi. Sejak kecil suka main sekolah-sekolahan 😄

Asih Mufisya said...

Sepertinya pertanyaan ini perlu saya jawab dan catat. Supaya bisa kelihatan apa sih passion saya. Note ahh.

Putri Santoso said...

Ah bagian terakhir itu yg selalu aku pikirkan.
Jika aku punya banyak uang dan waktu. Kalau memikirkan orang tua, pasti pengen buat mereka
Kalau pas lagi egois : mau traveling keliling Indonesia, buat yg mainstream. Dan ini sudah aku susun rapi. Sayangnya jodoh lebih dulu datang sebelum rencana ini terwujud. Hehehe. Doa orang tua kayanya biar anaknya ini gk ilang terus

Fatimah Aqila said...

Wah, terima kasih mba keren banget tipsnya.

Nnati aku coba runut satu persatu dari semua pertanyaan ini deh.

Fatimah aqila said...

Waaaa terima kasih mba sharingnya.

Nanti deh aku runut satu persatu jawabannya biar tau passion aku dimana. Hahaha

Karena, kalau tau passion itu enak ngalir hidupnya.

utari ninghadiyati said...

Menemukan passion memang nggak mudah ya mbak, tapi dengan menjawab setiap pertanyaan membantu kita menemukan apa yang diminati dan menarik untuk ditekuni.

Mia Yunita said...

Ya, that's true. Kita kudu nemuin passion kita nih. Thanks u.tipsnya ya

PutriSB said...

nice tips mba... wajib banget kita menemukan passion kita agar kita dapat sukses dengan penuh rasa bahagia, bukan penuh tekanan yang akan membuat stres dan kejenuhan

antung apriana said...

hmm pertanyaannya lumayan gampang yaa. memang lebih bagus kalau kita bisa mengetahui passion kita di mana biar lebih fokus dalam mengembangkannya

Aswinda Utari said...

Selalu senang dg orang2 yg sdh nemu passionnya. Bahkan jg ikegainya. Kalau sdh berada dititik itu bs menjalani hidup dg goals yg terarah

Ruli retno said...

Ya ampun ada bbrp pertanyaan yang bahkan aku ragu sama jawabannya. Tidak pernah benar2 mencari tau passionku secara detil. Baiklah aku akan coba jawab 10 pertanyaannya dulu

Rima Angel said...

Setuju sih, semua pertanyaan ini membuat kita jadi mengenali diri kita ya. Jujur, semua pertanyaan itu ya jawabannya tetap aja beauty blogger dan makeup buat aku. Hehe

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates