Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

5 Cara Berbagi Saat Pandemi

8 komentar
Jika sebelumnya aku menulis tentang dampak tidak langsung yang kualami selama pandemi Covid-19, kali ini aku akan mengulas dampak ekonomi yang dialami oleh sebagian besar kalangan masyarakat di Indonesia.

Berikut adalah beberapa kelompok masyarakat yang terdampak secara ekonomi.
1.     Pemilik rumah makan yang pemasukannya menurun karena sekarang hampir tidak ada orang yang makan di luar.
2.    Pengemudi ojek online yang berkurang pendapatannya karena orang-orang yang biasa menggunakan jasa mereka lebih banyak #dirumahaja.
3.    Pemilik toko yang menjual barang selain bahan makanan dan obat pendapatannya juga menurun drastis karena semua orang sekarang lebih banyak menghemat pengeluaran selain untuk kebutuhan pokok.
4.    Pengusaha dan karyawan yang bekerja di bidang event organizer mengalami penurunan omset karena hampir tak ada orang yang mengadakan acara di masa pandemi seperti sekarang ini.
Jangan lupakan juga para tenaga kesehatan. Meski secara ekonomi mereka (mungkin) tidak terdampak. Namun, emosi dan tenaga mereka sangat terkuras di masa pandemi seperti sekarang ini. Mengurusi orang sakit dapat membuat seseorang mengabaikan kesehatannya juga.

Apa yang bisa kita lakukan untuk orang-orang tersebut di atas? Selain support berupa motivasi saling menguatkan, ada banyak hal lain yang bisa kita lakukan sebagai bentuk solidaritas kepada sesama. Berikut adalah beberapa bentuk cara berbagi yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

1. Bantu Satu Ajak Dua

Program ini diinisiasi oleh seorang pelajar dari Bandung. Konsepnya adalah setiap orang yang mampu membantu satu orang atau satu keluarga di dekatnya lalu kemudian mengajak dua orang mampu lainnya untuk berdonasi juga. Kabarnya akan dibuat aplikasi khususnya agar bisa di-track siapa saja yang sudah terbantu dan bisa dibuat sebagai challenge gitu. Semoga segera terwujud biar lebih nyata. Meski program ini juga tetap bisa berjalan tanpa aplikasi.



2. Menggalang Donasi

Penggalangan donasi bisa dilakukan bersama dengan teman-teman satu komunitas, satu keluarga, satu kompleks, atau satu perkumpulan yang memiliki misi berbagi yang sama. Donasinya bisa dalam bentuk apa saja, mulai dari uang, bahan makanan, masker, hingga sembako.

Setelah dikumpulkan donasi tersebut kemudian disalurkan kepada pihak-pihak yang terdampak. Hal ini juga kulakukan bersama teman satu komunitas pramuka di kotaku. Kami menggalang donasi berupa uang. Uang tersebut akan dibelikan masker kemudian dibagikan ke masyarakat umum yang masih berlalu lalang tanpa menggunakan masker. Donasi masker ini juga disertai dengan edukasi pentingnya menggunakan masker.

Selain mengumpulkan donasi, kita juga bisa ikut menyumbang. Jika belum bisa membentuk penggalangan dana sendiri, kita bisa ikut menyumbang di penggalangan dana mana pun atau yang diadakan oleh siapa pun. Tinggal pilih sesuai bentuk dan tujuan penyalurannya. Berbagi meski sedikit tentu akan lebih meringankan beban mereka yang terdampak.

3. Support Orang yang Melakukan Isolasi Mandiri

Isolasi mandiri semakin banyak dilakukan oleh orang-orang dan bukan tidak mungkin diantaranya adalah orang yang kita kenal. Berikan support dalam berbagai bentuk yang bisa kita lakukan untuk menguatkan mereka. Bersama, kita pasti lebih kuat.

4. Membelikan Pengemudi Ojek Online Makanan

Di kota-kota besar para pengemudi ojek online mulai kesulitan mendapatkan orderan. Hal ini membuat pendapatan mereka menurun drastis. Kondisi ini membuat beberapa orang mengadakan program berbagi makanan dengan para pengemudi ojek online. Caranya, orang-orang yang baik hati ini tinggal pesan makanan via ojek online lalu makanan tersebut diperuntukkan kepada pengemudi ojek online dan keluarga.

Di salah satu siaran televisi aku melihat program ini sangat bermanfaat bagi para pengemudi ojek online. Mereka sering membelikan orang-orang makanan tapi mereka sendiri jarang atau bahkan tidak pernah merasakan makanan yang mereka beli tersebut, karena lebih memilih membeli makanan lain yang lebih murah. Selain itu program ini juga dapat menghemat pengeluaran mereka, setidaknya untuk satu kali waktu makan. Bagi mereka itu sangat berarti.

5. Menyediakan Lapak Online

Ini biasanya dilakukan oleh para influencer. Namun dalam rangka berbagi, kita tidak mesti menjadi influencer terlebih dahulu untuk membantu orang-orang yang memiliki usaha berjualan barang dan jasa. Caranya sangat mudah, hanya dengan membuat sebuah post atau status di media sosial kita yang mempersilakan teman-teman akun kita untuk mempromosikan dagangan mereka di kolom komentar.

Semoga dengan begitu ada teman-teman lain yang membutuhkan barang atau jasa yang dipromosikan di sana melihat promosi tersebut. Atau bahkan mereka bisa saling bertukar jual-beli. Kita sebagai perantara tentu memiliki andil yang sangat besar dalam membantu kedua pihak menemukan barang/jasa yang sesuai kebutuhan.

Itulah 5 cara berbagi saat pandemi yang bisa kita contoh. Lakukan apa yang kita bisa untuk berbagi. Tidak perlu hal yang besar, hal kecil pun sudah sangat berguna bagi mereka yang membutuhkan. Apakah ada cara lain lagi yang bisa kita lakukan untuk membantu sesama? Jika ada tulis di kolom komentar ya. []
Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

8 komentar

  1. Mungkin salah satu hal genting yang bisa kita bagikan adalah jika sudah menjadi survivor covid kita bisa berbagi donor darah konvalesen ya untuk bisa menyelamatkan sesama

    BalasHapus
  2. ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu pandemi ini. Saya sendiri sekarang membuka kesempatan untuk UMKM yang mau difotoin produknya gratis sih. Buat jualan yang lebih proper

    BalasHapus
  3. Ada berbagai cara untuk melakukan kebaikan di masa pandemi. Kalau saya, biasanya membagikan masker. Saat ada keperluan di luar rumah. Saya bawa masker lebih, memang untuk dibagikan. Terkadang ada yang masker sudah kotor. Namun, terus digunakan.

    BalasHapus
  4. MasyaAllah semoga kita termasuk orang-orang yang mau berbagi ya Mba Rindang. Konsep satu ajak dia tadi luar biasa ya dan ke5 cara tersebut bisa kita aplikasikan atau ajak sekitar kita juga untuk bergerak ya

    BalasHapus
  5. MashaAllah~
    Iya banget yaa...sebenernya dari hal-hal sederhana, kita bisa lakukan untuk saling berbagi yang sedikit kepada orang-orang di sekitar kita.
    Karena kabaikan itu mengalir.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah selama pandemi bisa berbagi dengan banyak orang meski saya lakukan dengan cara sendiri. merasa lebih puas berbagi dengan cara sendiri.
    dimulai dari lingkungan keluarga, teman dan orang sekitar yg memang perlu dibantu
    berbagi tidak mengurangi materi saya tetapi malah terus bertambah

    BalasHapus
  7. Progrmanya keren-keren ya, memang harus ada yg menginisiasi program bantuan ini, agar makin banyak orang yg tertarik untuk membantu sesama

    BalasHapus
  8. beberapa poin sudah kulakukan sih kak, yang sekarang lagi aku lakuin membantu para UMKM untuk punya foto produk yang bagus sekaligus berbagi sedikit ilmu untuk marketing online di sosial media nya

    BalasHapus

Posting Komentar