Wednesday, April 22, 2020

5 Cara Berbagi Saat Pandemi


Jika sebelumnya aku menulis tentang dampak tidak langsung yang kualami selama pandemi Covid-19, kali ini aku akan mengulas dampak ekonomi yang dialami oleh sebagian besar kalangan masyarakat di Indonesia.

Berikut adalah beberapa kelompok masyarakat yang terdampak secara ekonomi.
1.     Pemilik rumah makan yang pemasukannya menurun karena sekarang hampir tidak ada orang yang makan di luar.
2.    Penarik ojek online yang berkurang pendapatannya karena orang-orang yang biasa menggunakan jasa mereka lebih banyak #dirumahaja.
3.    Pemilik toko yang menjual barang selain bahan makanan dan obat pendapatannya juga menurun drastis karena semua orang sekarang lebih banyak menghemat pengeluaran selain untuk kebutuhan pokok.
4.    Pengusaha dan karyawan yang bekerja di bidang event organizer mengalami penurunan omset karena hampir tak ada orang yang mengadakan acara di asa pandemi seperti sekarang ini.




Jangan lupakan juga para tenaga kesehatan. Meski secara ekonomi mereka tidak terdampak. Namun, emosi dan tenaga mereka sangat terkuras di masa pandemi seperti sekarang ini. Mengurusi orang sakit dapat membuat seseorang mengabaikan kesehatannya juga.

Apa yang bisa kita lakukan untuk orang-orang tersebut di atas? Selain support berupa motivasi saling menguatkan, ada banyak hal lain yang bisa kita lakukan sebagai bentuk solidaritas kepada sesama. Berikut adalah beberapa bentuk cara berbagi yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

Bantu Satu Ajak Dua

Program ini diinisiasi oleh seorang pelajar dari Bandung. Konsepnya adalah setiap orang yang mampu membantu satu orang atau satu keluarga di dekatnya lalu kemudian mengajak dua orang mampu lainnya untuk berdonasi juga. Kabarnya akan dibuat aplikasi khususnya agar bisa di-track siapa saja yang sudah terbantu dan bisa dibuat sebagai challenge gitu. Semoga segera terwujud biar lebih nyata. Meski program ini juga tetap bisa berjalan tanpa aplikasi.



Menggalang Donasi
Penggalangan donasi bisa dilakukan bersama dengan teman-teman satu komunitas, satu keluarga, satu kompleks, atau satu perkumpulan yang memiliki misi berbagi yang sama. Donasinya bisa dalam bentuk apa saja, mulai dari uang, bahan makanan, masker, hingga sembako.

Setelah dikumpulkan donasi tersebut kemudian disalurkan kepada pihak-pihak yang terdampak. Hal ini juga kulakukan bersama teman satu komunitas pramuka di kotaku. Kami menggalang donasi berupa uang. Uang tersebut akan dibelikan masker kemudian dibagikan ke masyarakat umum yang masih berlalu lalang tanpa menggunakan masker. Donasi masker ini juga disertai dengan edukasi pentingnya menggunakan masker.

Ikut Menyumbang

Selain mengumpulkan donasi, kita juga bisa ikut menyumbang. Jika belum bisa membentuk penggalangan dana sendiri, kita bisa ikut menyumbang di penggalangan dana manapun atau yang diadakan oleh siapapun. Tinggal pilih sesuai bentuk dan tujuan penyalurannya. Berbagi meski sedikit tentu akan lebih meringankan beban mereka yang terdampak.

Membelikan Pengemudi Ojek Online Makanan

Di kota-kota besar para pengemudi ojek online mulai kesulitan mendapatkan orderan. Hal ini membuat pendapatan mereka menurun drastis. Kondisi ini membuat beberapa orang mengadakan program berbagi makanan dengan para pengemudi ojek online. Caranya, orang-orang yang baik hati ini tinggal pesan makanan via ojek online lalu makanan tersebut diperuntukkan kepada pengemudi ojek online dan keluarga.

Di salah satu siaran televisi aku melihat program ini sangat bermanfaat bagi para pengemudi ojek online. Mereka sering membelikan orang-orang makanan tapi mereka sendiri jarang atau bahkan tidak pernah merasakan makanan yang mereka beli tersebut, karena lebih memilih membeli makanan lain yang lebih murah. Selain itu program ini juga dapat menghemat pengeluaran mereka, setidaknya untuk satu kali waktu makan. Bagi mereka itu snagat berarti.

Menyediakan Lapak Online

Ini biasanya dilakukan oleh para influencer. Namun dalam rangka berbagi, kita tidak mesti menjadi nfluencer terlebih dahulu untuk emmbantu orang-orang yang memiliki usaha berjualan barang dan jasa. Caranya sangat mudah, hanya dengan membuat sebuah post atau status di media sosial kita yang mempersilakan teman-teman akun kita untuk mempromosikan dagangan mereka di kolom komentar.

Semoga dengan begitu ada teman-teman lain yang membutuhkan barang atau jasa yang dipromosikan di sana melihat promosi tersebut. Atau bahkan mereka bisa saling bertukar jual-beli. Kita sebagai perantara tentu memiliki andil yang sangat besar dalam membantu kedua pihak menemukan barang/jasa yang sesuai kebutuhan.

Itulah 5 cara berbagi saat pandemi yang bisa kita contoh. Lakukan apa yang kita bisa untuk berbagi. Tidak perlu hal yang besar, hal kecil pun sudah sangat berguna bagi mereka yang membutuhkan. Apakah ada cara lain lagi yang bisa kita lakukan untuk membantu sesama? Jika ada tulis di kolom komentar ya. []

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates