Blogger sebagai Konten Kreator

4 komentar
Konten kreator akhir-akhir ini menjadi alternatif profesi yang mulai dilirik oleh banyak orang. Hal ini karena aktivitas harian zaman sekarang sangat erat kaitannya dengan dunia digital. Apa pun produk dari dunia digital, khususnya internet merupakan konten. Konten-konten tersebut dapat berupa tulisan, foto, video, musik, dan ragam bentuk lainnya.


Salah satu konten kreator yang mulai banyak bermunculan adalah bloger. Bloger dengan produk konten utamanya adalah tulisan menurutku adalah salah satu konten kreator yang sumbernya dapat dipercaya. Tidak banyak bloger yang melabeli diri mereka anonim, pun konten dari luar biasanya tercantum dengan jelas di postingan. Isi konten blognya juga banyak yang memberikan manfaat atau hiburan bagi pembacanya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar blogger menjadi seorang kreator konten yang sukses, yaitu:
1. Tema harus spesifik dan konsisten hanya membahas hal tersebut
2. Posting secara berkala dan konsisten
3. Orisinil, jika pun harus copast dengan menyebutkan sumber
4. Lakukan pendekatan personal agar orisinilitas terjaga
5. Tema yang dibahas dapat dikaitkan dengan kejadian yang sedang hits atau kekinian sehingga konten lebih fresh dan menarik untuk dibaca
6. Reliable atau terpercaya, dengan cara menulis fakta dan mencantumkan sumber yang jelas
7. Masukkan unsur entertaint dan/atau edukasi, maka para pembaca akan selalu menantikan update postingan di blog kita


Selain tulisan, sebenarnya bloger juga harus menguasai pembuatan konten lain seperti infografis dan video. Hal ini untuk menambah ketertarikan pembaca terhadap tulisan dan menghindari kebosanan pembaca. Aku sendiri masih nol besar dalam kedua keterampilan tersebut. Harus perlu banyak belajar nih dari bloger-bloger senior yang postingan mereka penuh warna dan tak membosankan meski panjang.

Hingga sekarang, peluang menjadi konten kreator khususnya bloger terlihat masih menjanjikan. Mengingat banyaknya kebutuhan netizen akan berita, informasi, atau bahkan hanya sekadar sharing pengalaman dari sebuah postingan blog. Harapan pribadiku sih, semoga bloger (tetap) menjadi konten kreator yang menjaga kredibilitas dalam menghasilkan konten. Dan semoga aku sendiri bisa konsisten bisa mengisi blog dengan konten bermanfaat sehingga juga layak disebut sebagai konten kreator. Hihi.


Sumber :
www.dedydahlan.com
www.misterway.wordpress.com
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

There is no other posts in this category.

4 komentar

  1. Tetep semangat ngeblog kak. jangan lupa berkunjung balik ke blog aku ya.

    BalasHapus
  2. Bikin video nih yang masih PR banget buat saya. Huhuhuhu.... :D
    Btw, izin follow blognya, ya. Yuk saling follow. :)

    BalasHapus
  3. Sekarang blogger2 makin kreatip. Pada bikin infografis, video, dll. Aku nih ketinggalan banget hiks.

    BalasHapus
  4. Bagus buat pemula artikelnya. Berkunjung juga ke blog saya ya.
    Happy blogging

    BalasHapus

Posting Komentar