Era Kolaborasi dan Kreativitas Berkarya

4 komentar
Di zaman serba canggih seperti ini kreativitas dalam berkarya adalah suatu keharusan. Karya yang kreatif akan memiliki lebih banyak peminat daripada karya yang biasa-biasa saja. Salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas dalam berkarya adalah dengan berkolaborasi dengan pihak lain. Tidak sulit untuk mencari pihak yang tepat dan sesuai dengan tujuan karya, mengingat kecanggihan dunia maya kini semakin memperpendek jarak dan waktu.

Kolaborasi sendiri memiliki makna kerja sama untuk tujuan yang sama serta untuk mencapai manfaat bisnis dengan maksud mencapai efisiensi dan efektivitas (djajendra-motivator.com).

Ada banyak contoh hasil kolaborasi yang kreatif dan menjadi viral di kalangan netizen. Contoh-contoh yang kuungkapkan di sini adalah karya-karya favoritku dan tentu saja ini sangat subjektif. Contoh pertama kuambil dari youtube, yaitu sebuah karya kolaborasi dari grup musik Eclat Story dan sebuah grup yang menamakan diri mereka sebagai Kreator Musik Indonesia. Karya yang menjadi kolaborasi mereka ini berjudul Kolaborasi Kita -Indonesia's Music Rewind 2016.


Selain musik, ada juga karya kolaborasi berupa buku yang kusuka contohnya buku #88 Love Life dari fashion blogger Diana Rikasari dan ilustrator Dinda Puspitasari. Buku yang berisi tentang quotes kehidupan ini sangat asyik karena ada perpaduan antara tulisan dan ilustrasi yang colourfull. Contoh lainnya adalah kolaborasi antara penyair Aan Mansyur dan Mo Reza yang seorang fotografer menghasilkan sebuah karya berupa buku puisi Tidak Ada New York Hari Ini.

Goodreads.com

Selain antar individu, kolaborasi juga bisa dilakukan oleh antar komunitas. Misalnya sebuah komunitas travel blogger berkolaborasi dengan komunitas pecinta fotografi dalam sebuah acara liputan di tempat wisata, maka akan dihasilkanlah sebuah liputan perjalanan yang menarik dan kreatif. Karya tersebut juga dapat dikategorikan sebagai kolaborasi konten, yaitu antara konten tulisan dan foto-foto perjalanan. 

Dari berbagai contoh hasil kolaborasi di atas, dapat kusimpulkan bahwa kolaborasi memiliki beberapa manfaat, yaitu:

1. Membuat hasil karya menjadi lebih kreatif
2. Membuat sebuah tujuan atau proyek menjadi lebih mudah dilakukan
3. Penyebaran sebuah karya menjadi lebih luas
4. Mengefesiensi waktu dan biaya
5. Hasilnya bisa lebih bermanfaat

So, mari berkolaborasi untuk membuat karya lebih kreatif!
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

There is no other posts in this category.

4 komentar

  1. Kolaborasi juga bisa menjadi penyulut semangat dan mendongkrak rasa percaya diri.

    BalasHapus
  2. Blog kolaborasi juga sudah banyak bermunculan :D

    BalasHapus
  3. Kolaborasi juga memberikan semangaaat untuk terus melahirkan karya yang fenomenal dan menginspirasi untuk sekitar :D

    BalasHapus
  4. Kapan kita kolaborasi, Mbak?
    Buat buku juga yukk...

    BalasHapus

Posting Komentar