Lithobius atkinsoni

Posting Komentar
Klasifikasi:
Kingdom :Animalia
Filum   : Arthropoda
Kelas   : Chilopoda
Ordo    : Lithobiomorpha
Famili  : Lithobiidae
Genus  :Lithobius
Spesies:Lithobius atkinsoni

Deskripsi:
Lithobius atkinsoni merupakan salah satu spesies dari filum Arthropoda dan masuk dalam subfilum Myriapoda. Tubuhnya pipih dorsoventral. Tubuhnya beruas-ruas dan setiap ruas mempunyai satu pasang kaki. Lithobius atkinsoni mempunyai antena yang panjang dan terdiri atas 12 segment atau lebih, mandibula dan dua pasang maksila. Jenis lipan/kelabang ini mempunyai rahang yang sangat kuat dan beracun sehingga bersifat sebagai predator dan karnivora, sifat ini didukung pula dengan gerakannya yang sangat cepat untuk menangkap mangsa.

Habitat:
Lithobius atkinsoni berhabitat di darat. Hidup di permukaan tanah, sampah dedaunan yang busuk atau di reruntuhan batu. Banyak terdapat di hutan-hutan dengan iklim tropis.

Potensi:
Spesies ini sangat berbahaya, Lithobius atkinsoni berpotensi menyebabkan keracunan bahkan kematian pada manusia atau hewan yang digigitnya.

Daftar Pustaka:
Lewis, J.G.E. 1981. The biology of centipedes. Cambridge: Cambridge University Press.

Rosario Dioguardi.2007.Lithobius atkinsoni (Bollman, 1877).
chilobase.bio.unipd.it
Diakses pada 7 November 2011

www.gwannon.com
         Diakses pada 7 November 2011
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

Posting Komentar