Gnetum gnemon

Posting Komentar

Klasifikasi
Regnum           : Plantae
Divisi               : Spermatophytha
Kelas               : Gnetopsida
Ordo                : Gnetales
Famili              : Gnetaceae
Genus              :Gnetum
Spesies            :Gnetum gnemon

Deskripsi:
Gnetum gnemon atau biasa yang disebut melinjo / belinjo termasuk ke dalam subdivisi Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka). Habitus berupa tumbuhan berkayu.Pohon berumah dua yang selalu hijau dan berbatang lurus, tinggi dapat mencapai 5-10 m. Daun berhadapan, berbentuk jorong, panjang 7.5-20 cm dan lebar 2.5-10 cm; urat daun sekunder saling bersambungan. Perbungaan majemuk soliter dan aksiler, melingkar di tiap nodus, panjang bunga 3-6 cm. Terdapat 5 - 8 bunga betina di tiap nodus, berbentuk bola. Buah seperti buah keras (nutlike), berbentuk jorong , panjang buah 1-3.5 cm, bagian ujungnya runcing pendek, ketika masak warna buah berangsur-angsur akan berubah dari kuning, merah hingga keunguan. Satu biji dalam satu buah, buah besar dan kulit tengahnya keras berkayu.

Habitat:
Melinjo tumbuh liar di hutan-hutan hujan pada ketinggian hingga 1200 m. Tempat-tempat beriklim kering umumnya membudidayakan tanaman ini. Tidak ada syarat tertentu terhadap faktor kualitas dan kedalaman tanah, namun kadar ikat air pada tanah atau irigasi perlu dilakukan selama musim kering.

Potensi:
Gnetum gnemon banyak dimanfaatkan sebagai bahan pangan.Pucuk daun, bunga jantandan buahnya dimasak untuk bahan sayur asam atau lodeh.Buah yang tua dibuat kerupuk emping sedangkanb uah yang muda dibuat makanan ringan yang renyah.

Sumber Pustaka:
Herbarium Bandungense.2011.Melinjo (Gnetum gnemon).
Diakses pada 31 Oktober 2011
Prosea.2011.Gnetum gnemon L.

Diakses pada 3 November 2011
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

Posting Komentar