Anthurium plowmanii (Gelombang Cinta)

Posting Komentar
Anthurium plowmanii atau biasa yang disebut dengan tanaman “gelombang cinta” (wave of love) merupakan salah satu tanaman dari kelas liliopsida. Tumbuhan ini mempunyai daun yang panjang (10-30 cm) dengan ujung meruncing. Susunan daun kompak dan tebal dengan tepi bergelombang. Permukaan hijau mengkilap dengan gurat daun jelas. Salah satu variannya 'fruffles' bergelombang kecil, rapat dan seragam dianggap lebih baik ketimbang yang bergelombang besar. Tumbuhan ini mempunyai seludang yang berwarna ungu. Di Indonesia disebut raffles.

Anthurium plowmanii

Klasifikasi

Regnum           : Plantae
Divisi               : Spermatophytha
Kelas               : Liliopsida
Ordo                : Alismatales
Famili              : Araceae
Genus              :Anthurium
Spesies            :Anthurium plowmanii

Habitat

Anthurium plowmanii dapat ditemukan di mana-mana terutama pada media batang pepohonan yang telah membusuk atau tumbuh di pepohonan dan bersifat epifit. Tanaman Anthurium berkembang pesat di daerah yang beriklim tropis, seperti di sebagian Benua Amerika dan Benua Asia termasuk di Indonesia.

Potensi

Anthurium plowmanii banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Tanaman Anthurium termasuk jenis tanaman primadona di kalangan pecinta tanaman hias, karena Anthurium memiliki kesan yang mewah dan eklusif.

Sumber Pustaka

Plantamor.2008.Gelombang Cinta (Anthurium plowmanii).
          Diakses pada 18 November 2011
Prosea.2011.Spesies Anthurium.
          Diakses pada 18 November 2011
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

Posting Komentar