Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Jadikan Fasilitas Pinjam Uang Online Sebagai “Teman” dengan Cara Ini!

14 komentar
Maraknya kasus terkait aplikasi pinjam uang online sekarang ini seolah-olah menimbulkan kesan bahwa fintech atau aplikasi tersebut adalah lawan yang harus dibasmi. Mulai dari kasus penyebaran data nasabah untuk penagihan, hingga kasus suku bunga yang sangat tinggi. Karena nila setitik, rusak susu sebelanga. Karena beberapa aplikasi bermasalah, fintech lain yang kredibel jadi ikut kena getahnya.


Padahal, apabila dipergunakan dengan bijak dan penuh pertimbangan, aplikasi fintech atau pinjam uang online bisa jadi “teman” yang bermanfaat untuk waktu-waktu darurat. Belajar dari sebagian besar kasus pinjaman online, sebenarnya masalah yang muncul bukan semata-mata terjadi karena fintechnya saja, tapi juga habit nasabahnya yang impulsif dan kurang baik.

Beberapa fintech, terutama yang ilegal dan tidak terdaftar di OJK memang memiliki regulasi pinjaman yang tidak transparan dan nggak jarang mematok suku bunga selangit. Di sisi lain, nasabah yang menggunakan jasa fintech tersebut juga kurang kritis, tidak membaca regulasi dan mengecek kebijakan fintech terkait, asal pinjam tanpa pertimbangan finansial yang matang, dan banyak juga yang gali lubang tutup lubang atau menggunakan lebih dari 1 fintech dalam waktu bersamaan.

Karena habit tersebut, akibatnya banyak yang jadi terbelit utang ketika menggunakan fintech, alih-alih membantu kondisi keuangan, malah yang terjadi sebaliknya. Nah, bagi kamu yang belum pernah menggunakan aplikasi pinjam uang online, namun saat ini tertarik untuk mencoba, nggak perlu takut terjadi hal serupa. Kuncinya, selain bisa mengontrol diri dan sadar kemampuan finansial, kamu juga perlu cermat dalam memilih fintech agar mendapat manfaat.

Yang paling penting, cek dulu di situs OJK apakah fintech yang mau kamu gunakan sudah terdaftar sebagai fintech legal di bawah naungan OJK atau belum. Kalau belum, maka, jangan digunakan, pilih fintech lain yang ada dalam daftar yang dirilis OJK.

Ada banyak jenis fintech yang beredar sekarang ini. Ada yang hanya bisa untuk pinjam uang saja, ada juga yang fungsinya setara dengan kartu kredit: bisa untuk cicilan barang hingga pinjaman tunai. Contohnya adalah Kredivo. Pilih yang sesuai kebutuhan dan usahakan hanya menggunakan satu fintech saja.

Selain sudah terdaftar di OJK, saat ini, Kredivo juga tercatat sebagai fintech yang memiliki tingkat suku bunga paling rendah dibanding fintech lainnya. Baik untuk cicilan barang ataupun pinjaman uang online, suku bunga yang dibebankan Kredivo kepada nasabahnya hanya 2,95% per bulannya. Untuk cicilan, tenor yang tersedia adalah 3/6/12 bulan, sementara untuk pinjaman, tenor yang tersedia mulai dari 30 hari, 3 bulan, dan maksimal sampai 6 bulan.

Limit kredit yang diberikan Kredivo bentuknya adalah nontunai dan maksimal bisa mencapai hingga Rp 30 juta. Apabila kamu butuh pinjaman, limit nontunai ini bisa dicairkan jadi pinjaman tunai, lewat fitur resmi yang sudah tersedia di aplikasi Kredivo. Ada dua fitur pinjaman yang tersedia: pinjaman mini dan pinjaman jumbo.

Perbedaannya terletak pada jumlah pinjaman dan tenor pengembalian. Untuk pinjaman mini, jumlah pinjaman minimalnya adalah Rp500.000 dengan masa pengembalian maksimal 30 hari, dan suku bunga 2,95%. Sedangkan untuk pinjaman jumbo, jumlah pinjaman minimalnya adalah Rp 1 juta, dengan pilihan tenor pengembalian 3 bulan atau 6 bulan, dengan suku bunga 2,95% per bulan. Kalau sudah punya akun Kredivo, pengajuan pinjaman tunai hanya memakan waktu beberapa menit saja. Apabila pengajuan disetujui, pinjaman akan langsung cair ke rekening pribadi yang didaftarkan dalam hitungan menit atau maksimal 1 hari kerja.

Untuk bisa daftar akun Kredivo, kamu perlu memenuhi tiga syarat utama: wajib berusia minimal 18 tahun ke atas, punya penghasilan tetap per bulannya minimal Rp 3 juta, dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.

Kemudian, download aplikasi resmi Kredivo melalui Google Play Store atau App Store, dan daftar. Beberapa dokumen pribadi yang dibutuhkan untuk pendaftaran antara lain KTP, bukti penghasilan (slip gaji dan rekening koran), dan bukti tempat tinggal (STNK dan Kartu Keluarga). Kalau mau yang lebih praktis dan cepat, kamu bisa mendaftar akun Cicilan Express atau Premium Express. Selain proses approvalnya lebih cepat, daftar akun Premium Express juga nggak memerlukan slip gaji, rekening koran, STNK, ataupun KK. Kamu cukup hubungkan akun internet banking-mu sebagai bukti penghasilan dan juga 1 akun e-commerce yang sudah ada riwayat pembeliannya untuk bukti tempat tinggal.

Apabila proses pendaftaran sudah selesai dan disubmit, kamu tinggal tunggu proses approval dari Kredivo dalam waktu maksimal 1 x 24 jam. Nantinya, jika pendaftaranmu disetujui, kamu akan menerima pemberitahuan di aplikasi beserta sejumlah limit kredit yang bisa digunakan langsung.

Menggunakan aplikasi fintech yang fungsinya all in one seperti Kredivo, lebih bisa membantu mempermudah kehidupan sehari-hari. Kalau butuh beli barang yang harganya mahal, tinggal cicil aja di merchant online rekanan Kredivo seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, atau Tokopedia. Pastikan harga barangnya minimal Rp 1 juta ke atas supaya bisa cicilan dengan pilihan tenor 3/6/12 bulan. Kalau butuh pulsa, paket data, token PLN, hingga tiket pesawat ke semua rute, tinggal buka aja aplikasi Kredivo dan masuk ke menu “Layanan”. Semua transaksi bisa dilakukan kapan pun dengan menggunakan limit kredit-mu. Kalau butuh dana pinjaman untuk kebutuhan darurat, kamu bisa andalkan fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo.

Menarik, kan? []
Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

14 komentar

  1. Aku mikir kalau fintech emang kudu jelas dan terdaftar di OJK. Lumayan juga tuh pinjamannya sampai 30 juta. Pas buat mulai usaha

    BalasHapus
  2. Kredivo sepertinya satu²nya Fintech yang sering saya dengar dan bs dipergunakan di banyak ecommerce Indonesia. kata teman juga mudah dan cepat persetujuannya. Tapi saya belum menggunakan mba, masih takut klo ntar kebablasan hehe

    BalasHapus
  3. Kredivo keren punya fitur all in one jadi bisa memermudah penggunanya, namun benar sekali tetap saja harus bijak dalam menggunakannya janga sampai malah jadi banyak beban :3

    BalasHapus
  4. Thanks yaa...saya tuh emang ga pernah kecukupan duit...artikel di atas membantu banget deh

    BalasHapus
  5. Memang pinjam uang online hrs hati2 krn dibalik sifatnya yg cepat bahkan hitungan menit, biasanya bunga tinggi. Blum lagi kalau luput dari list OJk.

    BalasHapus
  6. Kalau sms yang menawarkan pinjaman itu termasuk fintech bukan ya? Kalau mau pinjaman yang tepercaya mesti diteliti dulu ya apalah udah terdaftar di ojk seperti kredivo

    BalasHapus
  7. Wuah mudah ya kalo pake Kredivo. Urusan linjam uang untuk bikin usaha, jadi gampang. Membantu banget ini

    BalasHapus
  8. Adikku pake kredivo untuk beberapa gadgetnya, bunga bersaing juga ya mbak. Dan terpercaya, pastinya

    BalasHapus
  9. Kredivo ini kok kyknya sering liat iklannya di TV KRL ya, eh, bener gak ya, aku lupa2 inget. Yg jinglenya: "Kredivo cintaku" hahaha sampai terngiang2 gtu.
    Tapi kudu tetep hati2 aja, jgn meminjam kalau gak butuh2 amat. Cocoknya sih kalau yang buat modal usaha emang ya. Asal jgn buat hal2 konsumtif.

    BalasHapus
  10. Kita tetap harus berhati-hati jika ingin meminjam uang online, cari fintech yang resmi dan terdaftar di OJK. Bisa dimanfaatkan bagi yang ingin memulai usaha ya..

    BalasHapus
  11. Baru tahu tentang kredivo ini. Memang, biar aman, kita hharus cek dulu fintech yang mau kita pinjam uang udah terdaftar di ojk atau belum. Jangan sampai keblablasan deh

    BalasHapus
  12. Selama cara peminjaman dan rules nya jelas dan semuanya terdaftar di OJK maka semuanya aman. Yang penting calon peminjam harus tahu ketentuan dan aturan yang berlaku

    BalasHapus
  13. Iyayaa...sebenarnya kalau digunakan dengan bijak, bisa sangat membantu sekali.
    Dengan adanya jaminan dari OJK, in syaa Allah ..

    BalasHapus
  14. Kredivo sangat membantu banyak urusan finansial hanya denga menjentikkan jari saja, semua urusan finansial langsung beres

    BalasHapus

Posting Komentar