Monday, January 8, 2018

Daftar Drama Korea Favoritku

Aku bukan penggemar drama Korea kelas berat, tapi kadang-kadang aku menontonnya. Saat aku butuh hiburan dan banyak waktu kosong, drama Korea bisa menjadi hal yang menyenangkan. Drama Korea sama candunya dengan novel bagiku, aku bisa menghabiskan malam untuk bergadang demi kedua hal tersebut. Genre favoritku untuk keduanya pun tak jauh beda, yaitu romantis dan/atau detektif.

Daftar ini kutulis hanya sebagai pengingat untuk diri sendiri, karena kadang aku ingin menonton kembali drama-drama tersebut. Beberapa di antaranya kuingat garis besar ceritanya, tapi lupa judulnya. Beberapa yang lainnya kuingat judulnya, tapi lupa ceritanya tentang apa. Jangan tanya nama pemeran (utama)nya, nama tokoh yang mereka perankan saja aku bisa lupa.


Tidak semua drama Korea yang kutonton kumasukkan ke dalam daftar ini. Pertama, daftar ini hanya merupakan daftar drama favorit yang kemungkinan besar akan kutonton kembali. Kedua, hampir semua drama yang tidak menarik ceritanya bagiku tidak selesai kutonton, bahkan sebelum episode pertama usai. Daftar ini mungkin akan terus kuupdate jika aku menonton drama Korea baru.

Full House

Yup, ini drama Korea yang pertama kali aku tonton. Dulu di salah satu stasiun tv swasta disiarkan setiap siang menjelang sore. Aku yang masih SMA saat itu (2007/2008) rajin mengikuti setiap episodenya. Pasangan Han Ji En dan Young jae yang selalu berseteru bagai Tom&Jerry langsung mendapatkan tempat istimewa di hatiku. Eh, tapi aku juga suka tokoh ketiga cowok yang dekat dengan Ji En. Cool.





Tema utama drama ini juga menarik, yaitu tentang usaha memperebutkan rumah warisan orangtua Ji En. Saat kuliah sekitar tahun 2011, aku menonton drama ini sekali lagi. Tahun 2016, aku menonton Full House versi Thailand, sama-sama bikin melting, meski versi Korea tetap juara. Mungkin karena ada Rainnya. Haha.

Boys Before Flower (BBF)

Drama Korea yang satu ini juga booming saat aku SMA sekitar tahun 2009. Namun, saat itu aku tidak mengikuti tayangannya di tv, karena kalau tidak salah jam tayangnya larut malam. Aku baru menontonnya saat kuliah, mungkin sekitar tahun 2010-2011. Setelah itu BBF tayang kembali di tv, kali ini aku mengikutinya meski sudah pernah menamatkan dramanya.

Cerita utama BBF adalah tentang 4 remaja laki-laki kaya di sekolah elit. Ketua grup ini, Gu Jun Pyo suka menindas siswa lainnya. Keadaan berubah ketika seorang gadis yang menentang pembullyan masuk ke sekolah ini melalui beasiswa renang. Ia adalah Geum Jan Di, tokoh kedua dalam drama ini. Lagi-lagi, aku terpikat dengan orang ketiga. Han Ji Hu adalah salah satu dari 4 sekawan tersebut dan juga menaruh hati kepada Jan Di. Salah satu quote Jan Di yang bikin melting adalah, “Pilihan yang sulit itu ketika kita harus memilih seseorang yang menjadi belahan jiwamu atau jodohmu saat ini.”



Secret Garden

Genre fantasy sebenarnya bukanlah seleraku dalam menonton film atau drama atau membaca buku. Namun, di awal-awal perkenalanku dengan drama Korea, Secret Garden sedang booming dan mengangkat tema tentang jiwa yang tertukar.  Secret Garden sendiri adalah sebuah taman aneh nan gaib di sebuah pulau di mana kedua tokoh utama bertemu dan tertukar jiwanya.

Aku berhasil menamatkan drama ini karena cerita romantis di antara kedua tokoh utamanya, lagipula Hyun Bin, tokoh utamanya sangat sedang naik daun saat itu (2011). Tak banyak yang kuingat tentang cerita dalam drama ini. Namun, hal yang membuatku cukup tertarik dengan drama ini dulu adalah profesi stuntwoman yang diperankan oleh pemeran ceweknya. Keren sekali.

Playfull Kiss

Aku suka drama ini karena romantis dan aktor utamanya adalah pemeran Han Ji Hu di BBF dan di drama ini ia digambarkan cuek sekali, karakter favoritku. Aktris yang memerankan tokoh utama cewek juga cantik, meski perannya di sini sedikit o’on. Namun, ceritanya menginspirasi karena meskipun ia o’on ia tetap mau berusaha agar bisa selevel dengan cowok idamannya.

Three Days

Drama ini bergenre thriller dan tokoh utama wanitanya berperan sebagai wanita. Pengusutan kasus pembunuhan adalah tema utama drama ini. Tidak banyak adegan romantis, tapi aku suka. Drama ini cukup singkat, kalau tidak salah jumlah episodenya tidak sampai sepuluh.

When a Man in Love

Drama ini bercerita tentang seorang lelaki dewasa yang jatuh cinta dengan seorang gadis pemilik toko buku. Cerita cinta mereka bikin baper aku yang nonton waktu masih kuliah (sekitar tahun 2012). Latar belakang pertemuan mereka adalah saat si lelaki yang menjadi ketua geng mafia menagih utang keluarga si gadis. Well, tema ceritanya cukup berat sih yaitu tentang perjuangan mempertahankan hidup dan harga diri.

Personal Taste

Drama ini berpusat pada arsitektur sebuah rumah tradisional Korea yang ditinggali oleh tokoh utama cewek. Sanggojae, itulah nama rumah yang menjadi titik temu dan konflik di antara kedua tokoh utama. Fakta bahwa pemeran tokoh utama cowok adalah Lee Min Ho membuat drama ini tenar dan layak tonton.

Innocent Man (Nice Guy)

Tidak banyak yang bisa kuingat dari drama ini. Namun, ingatanku yang lemah ini menandai bahwa drama ini layak ditonton ulang. Cerita tentang perseteruan di antara sepasang mantan kekasih karena harta dan kekuasaan, itu tragis sekali bagiku. Bahwa ternyata pemain utamanya adalah Song Jong Ki pun baru kusadari setelah menonton movie videonya baru-baru ini.

City Hunter

Nah, ini drama thriller yang aku banget. Pemainnya Lee Min Ho pula. Tema utamanya tentang perpolitikan di suatu kota. Si cewek berperan sebagai bodyguard orang penting dalam salah satu partai. Konflik masa kini di tubuh partai tersebut membawa tokoh utama cowok ke masa lalunya. Sepertinya, pemeran cewek di drama ini sama dengan pemeran utama cewek di drama When a Man in Love. Jangan tanya aku namanya siapa.

Heart string

Satu-satunya penarik minatku dalam drama ini adalah bahwa aktor utamanya mirip dengan aktor yang memerankan Han Ji Hu di BBF. Konflik utama drama ini pun aku sudah lupa apa, tapi yang jelas romantis. Tema utamanya tentang musik, Cuma itu yang bisa kuingat. Suatu hari nanti aku pasti bakal nonton lagi drama ini.

The Heirs

Satu-satunya hal menarik dari drama ini adalah aktor utamanya cowoknya adalah Lee Min Ho. Cerita kurang menonjol sehingga aku sudah tak bisa ingat. Tapi sepertinya romantis sih.

Dreams High 2

Drama ini bercerita tentang proses mengejar impian di bidang musik. Aku terinspirasi oleh kerja keras para siswa di sebuah sekolah musik. Aktor favoritku adalah Jin Yoo Jin dan lagu Towards to Me yang dinyanyikannya.

Desendence of The Sun

Drama ini bercerita tentang pasangan tentara dan dokter. Pasangan pemeran Song Hye Kyo dan Song Jong Ki membuat drama ini booming sekali. Cerita cinta mereka berdua juga bikin baper, apalagi setelah diketahui bahwa kedua orang ini juga berkencan di dunia nyata dan akhirnya menikah. Ini adalah drama Korea pertama yang kutonton setelah aku mulai memasuki dunia kerja. Tak terlalu buruk, setelah berstatus sebagai seorang pekerja dan istri tapi masih bisa nonton drama Korea. It’s have fun.

Hello, Monster! (I Remember You)

Drama ini mungkin yang paling membuatku tak bisa move on. Sampai aku mendownload movie videonya dan menonton berkali-kali kemudian. Bukan cerita cintanya yang bikin baper, tapi cerita tentang kasih sayang kakak-beradik yang bikin jlebb. Apalagi temanya tentang kasus pembunuhan, membuat adrenalinku terpompa cepat.



School 2015

Drama remaja ini rilis tahun 2015 dan aku baru menontonnya tahun 2017. Aku kuper, kata temanku. Hehe. Cerita utama drama ini tentang pembullyan di sekolah. Sedih sih, tapi cerita romantis di antara ketiga tokoh utama sangat manis dan bikin baper.

My Lovely Girls

Rain dan Crystal f(x) menjadi tokoh utama dalam drama ini. Cerita di antaranya unik dan berkesan bagiku. Tema dreamnya di bidang musik juga dapat banget. Aku mudah terinspirasi dengan kerja keras kalau nonton drama manis seperti ini.

The K2

Drama ini bertema thriller. Tokoh utamanya berperan sebagai bodyguard bayaran dan juga mantan anggota pasukan khusus. Ia dipanggil K2 sebagai kode keanggotaan di mana ia bertugas menjaga putri seorang calon presiden, yang juga menjadi tokoh kedua dalam drama ini.



Romantic Doctor Teacher Kim

Awalnya aku merasa drama ini tidak romantis dan memang benar hingga akhir cerita drama ini kurang romantis. Namun, drama ini membawa pesan yang mantap yaitu tentang keadilan di bidang kesehatan. Hal inilah yang membuatku terus tertarik hingga sampai ke episode terakhir. Apalagi pemeran Kim Sabunya sangat total. Cool! Pasangan kedua tokoh utama juga bikin melting meski adegan mesranya sedikit sekali.

Suspicious Partner

Tema utama drama ini tentang seorang jaksa dan pengacara yang terhubung karena kasus kematian orangtua keduanya. Keren dan romantis apalagi pemain cowoknya aku suka, karena pernah memerankan K2 dengan sempurna.


Yup, itu tadi list drama favoritku sejauh ini. Komen di bawah ya kalau kalian pernah nonton drama-drama tersebut. Atau kalau kalian punya rekomendasi drama dengan genre yang sama dengan drama-drama di atas, share ya.

Artikel Terkait

58 komentar:

Nailiya Nikmah JKF said...

Hei..aku juga suka full house dan the heirs. Nontonnya sama anak-anak dan suamiku:) awalnya gak sengaja juga sih karena tayang di tv. Sekali nonton pengen tahu kelanjutannya:) penasaran soalnya. Dah nonton prime minister and I belum? Ama 49 days. Keren banget itu perasaanku. Biar diulang nonton tetap nangis.hehe.

Ajen said...

Full house emang keren yah hahahhha. Nontin drakor ini pas jaman SMP
Aku juga suka film korea tapi sekrang jarang nonton malah lebih senang baca webtoon wakakakakakak
Kakau dulu kita sering nonton di tv sekrang dowbload aja atau streaming heheh

Rhena Indria said...

BBF itu drama Korea pertama yg aku tonton hahaha. Mbak coba deh nonton Reply 1988, Weightlifting Fairy Kim Bok Joo, atau W, itu drama favorit aku hehe

Desita Wahyuningtias said...

Hampir semua drama yg disebutin, dah nonton. Tp beberapa gx ngikutin sampai akhir.
Aku mau merekomendasikan bbrp drama:
*tema2 detektif atau kejaksaan: Signal, Healer, I Hear Your Voice, While You were Sleeping.
*berkaitan pendidikan: Dream High 1 (aku lebih suka ini daripada yg ke-2), God of Study/ Master of Study, School 2013 & School 2017 (permasalahan yg diangkat terkait sekolah lebih bagus dari school 2015. Romance unggul scholl 2017, tp persahabatannya unggul school 2013), Solomons Perjury (analisisnya semi detektif), Sung Kyun Kwan (kolosal tp sangat patut dipertimbangkan), Angry Mom, Nightmare Teacher.
*Romance: He is beautiful aka You're Beautiful, Ex-Girlfriend Club, Go Back Couple, Emergency Couple, Coffee Prince, Temperature of Love.
-smoga membantu-

keninglebar said...

Dari sekian banyak yang ada di list, saya cuma ngikutin Full House. Itu pas jaman-jamannya Drama Korea belum sebanyak sekarang. Ceritanya bener-bener fresh. #AnakLama

Siti mudrikah said...

Aku pengen nonton i remember,ahh in guk. Sebagian ada yg sdh aku tonton dramanya, tp sebagian besar belum. Aku mulai nonton drakor sekitar 2013 waktu itu aku nonton the moon embraces the sun pemerannya kim so hyun (cwok) itu sukses bikin aku nangis sm ketawa ngakak, aku rekomendasiin bgt drama ini mba.

Cindra Prasasti said...

Dari listnya mbak, akupun menjagokan full house. Ah, kisah cinta han jie eun lucu2 menggemaskan gregetan. Apalagi pas jieneun nyanyi apa tuh.. Ama gung opa gungg wkwkwk

Fandhy Achmad Romadhon said...

Banyak banget ini drama korea favorit nya mbak Bintang...
Dari. Sekian banyak yang ditulis di atas, yang pernah aku nonton sampai tamat itu hanya boys before flowers doang 😂😂

Yg lainnya itu belum pernah ditonton sama. Sekali

Pujiaman said...

Aku sih memang bukan pecinta Drama korea. Akan tetapi mau tidak mau dan sudi tidak sudi, tatkala menonton itu drama selalu saja ku selesaikan tontonannya hingga selesai. Misal ada part 1 - 20. Maka akan ku selesaikan sampai part 20 meskipun harus bergadang.

Zefy Arlinda said...

kayaknya kita agak beda aliran nih, kalau aku sukanya yang kerajaan-kerajaan gitu, contohnya the great queen soundok, hu um

unizara dotcom said...

Betapa kudetnya saya
Ga pernah nonton drakor
Tiap baca review ttg drakor selalu penasaran nonton langsung tp ga pernah terwujud
Mungkin krn ga ada waktu jg ya

Vita Masli said...

Jadi tahu seleramu mba Rindang. Coba nonton Reply series deh. Reply 1997, Reply 1994, Reply 1988. 3 drama ini kayaknya sesuai seleramu,mba.

Nurul Fitri Fatkhani said...

Ternyata selera kita sama, Mbak ... senang film atau bacaan dengan tema romantis atau detektif/misteri.

Dari daftar drakor di atas, ada beberapa yang pernah saya tonton, bahkan Full House, BFF dan DoTS, saya lihat lebih dari sekali ..hehehe

Oky Maulana said...

Filmnya udah aku tonton semua! emang bagus2 yaaaaa, aku suka. heheheh jadi pengen nonton ulang lagi, deh.

andhikamppp said...

Sebagai "daftar favorit" ini banyak banget, sih. Dan 'kemungkinan' akan ditonton ulang. Kebayang akan sebanyak apa kalau tulisannya judulnya 'daftar drama korea yang pernah ditonton'

enggak dipilih 5 atau 10 terfavorit aja, Mbak?

btw, aku cuma nonton full house sama BBF doank, nih.

Tukang Jalan Jajan said...

Waw.... banyak juga ya drama korea yang sudah ditonton. Aku biasanya sih nyari di iflix aja terus pilih pilih. Klonada waktu luang baru nonton hehehe

Jiah Al Jafara said...

Suspicious Partner aku kmarin baru kelar nonton. Sukaaa banget

Dulu kalo nntn Drakor pilih yg komedi romance aja. Skrg yg model detektif atau berantem tp dikit2 sudah bs nerima. Minimal ada romancenya lah. Biar bisa hahahihi

Diah Kusumastuti said...

Karena saya bukan penggemar drakor dan bahkan hampir tak pernah menontonnya, jadi saya cuma tau sebagian kecil judul-judul di atas, Mbak. Hehe.
Ya, paling banter emang tau judul dan iklannya saja di tivi :D

Lendy Kurnia Reny said...

Hanya Suspicious Partner yang masuk kategori drama mangkrak tahun lalu.
Dan DOTS.

Kenapa?
Emm, aku paling gak suka lihat drama yang sepanjaaang ceritanya penuh adegan romantis.

Eneg jadinya.

Wkwkk...jadi kalo nonton di cut.
Langsung lihat endingnya.

((emang ga sabaran orangnyaa..))

Miftaahul Jannah said...

most of drama on the list, aku udah nonton ehehehe. Emang banyak juga yang jadi favorit aku kayak full house, bbf, suspicious partner, dan city hunter hehe.

Dian Farida said...

kayaknya tipe drakor kesukaan Rindang yang bergenre thriller ya? hehe. aku sukanya drakor romantis, tapi kadang yang memicu adrenalin juga bagus

Dikki Cantona Putra said...

BBF dulunha pernah disiarin di tb deh klo ga salah. Walaupun bukan pencinta drama korea tapi kauanya bagus nih film film yang di rekomendasikan

Nova Violita said...

Moyes dulu judul2nya... Ntar waktu aantai dikulik..menikmati alur drama baper2nya he2

Hairi Yanti said...

Dream high 1 ga nonton? Aku di Dream High 2 sukanya JB. Ahahaha... mainstream banget seleraku.

Ruli retno said...

When a man in love itu gemesin bangettt..wkwkwk.. Ceweknya ngelunjak kan selingkuh sm adek nya si cowok. Gemes meskipun akhirnya hepi ending.

Rindang Yuliani said...

iya, kalau JB fansnya banyak gila :)

Aswinda Utari said...

K2-Suspicious Partner.. Mb rindang fans Ji Chang Wook y? *sok tau..
Sebagian drakor diatas ak g prnh nntn.. Tp liat ini jd pngn nntn deh.. Hihi..makasih ulasannya..

Zulaeha said...

Full house, BBF. Duuuuuhhh itu masa-masa MTs-SMK ku saat sedang gila-gilanya sama Korea. Sampai-sampai di Kamar wajib ada poster idol ��
Ah, jadi pengen nonton Full house lagi nih mba :D

aya khairiah said...

So far aya kalau nonton drakor, dan terlalu Over romantis nya, biasanya langsung aya skip 😂, terlalu baper aya nya 😅

Antung apriana said...

Kayaknya dramanya banyak yang belum kutonton nih. Paling suka sama full house kalau dari daftar di atas.

Rindang Yuliani said...

Mesti nonton kak, rame semua. Hihi

Rindang Yuliani said...

Makin baper makin rame menurutku Ya. Hehe

Rindang Yuliani said...

Rewatch sesekali gapapa, biar berasa pergia ke tahun2 pas kita pertama kali kita nonton. Hehe

Rindang Yuliani said...

Nggak terlalu fans sih, tapi suka kalau ada drakor dia yg main. Kebetulan aja tema drakor yg kusuka juga sering dimainkannya.

Rindang Yuliani said...

Banget. Baper juga mbak.

Rindang Yuliani said...

Hiburan banget dah drakor ini untuk para wanita.

Rindang Yuliani said...

Ayolah nonton sesekali, Dik.

Rindang Yuliani said...

Betul banget. Aku suka thriller, baik drama atau novel.

Rindang Yuliani said...

Wah, klo gitu selera kita sama.

Rindang Yuliani said...

Hehe, selera beda2 tiap orang ya Mbak Lendy.

Rindang Yuliani said...

Mulai nonton satu deh, biar kena racun darkor juga. Hehe

Rindang Yuliani said...

Aku kalau komedi kurang suka. wkwk

Rindang Yuliani said...

Judul drakor apa yg pernah ditonton kak Don?

Rindang Yuliani said...

Hehe, karena memang sebanyak itu yang jadi favoritku Mas dan akan nambah terus kalau aku nemu drakor baru yang kusuka.

Rindang Yuliani said...

Wah, Oky mantap juga. Ada rekomend drama baru Ky?

Rindang Yuliani said...

Tos dulu Mbak!

Rindang Yuliani said...

Wah benarkah? Cus aku langsung hunting 3 drama ini

Rindang Yuliani said...

Nonton sesekali Mbak. Nonton drakor itu bentuk refreshing murah meriah. Cuma butuh laptop dan waktu.

Rindang Yuliani said...

Wah, aku kurang suka drama kolosal ;(

Rindang Yuliani said...

Karena penasaran ya?

Rindang Yuliani said...

Wajar sih, cowok biasanya banyak yg gak suka drakor.

Rindang Yuliani said...

Hehe, masih ingat aja liriknya mbak Cindra.

Rindang Yuliani said...

Okelah, nanti kucari drama ini. Thanks rekomendasinya ya.

Rindang Yuliani said...

Gak papa, seenggaknya tahu satu judul drakor. Hehe

Rindang Yuliani said...

Wowww, terima kasih banyak mbak Desita. Semua drakornya bakal kucari ;)

Rindang Yuliani said...

Wah, ok sip. Aku mau coba nonton Rwply. Banyak yg rekomendasiin.

Rindang Yuliani said...

Makin mudah ya cara nonton drakor sekarang.

Rindang Yuliani said...

Duh Mbak, jadi pengen nonton yg 49 Days. Cari ah nanti.

Post a Comment

Terimakasih telah berkomentar dengan baik 🙆 Ditunggu kunjungan selanjutnya.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates