Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Seminar Mahasiswa

8 komentar
Ada 3 jenis seminar yang harus dilalui oleh seorang mahasiswa di fakultasku untuk dapat menyandang gelar sarjana. Ketiga laporan tersebut yaitu seminar laporan kerja praktik (KP), seminar proposal atau usul penelitian, dan seminar hasil penelitian.
Suasana saat aku seminar.

Seminar KP


Laporan KP dibuat setelah mahasiswa mengerjakan kerja praktik atau magang di suatu instansi atau perusahaan sesuai minat dan jurusannya. Tempat kerja praktikku dulu di Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarata selama 1,5 bulan. Laporan kerja praktikku berjudul Bank Sampah Kota Yogyakarta, hal tersebut sesuai dengan program kerja bidang yang kutempati, yaitu Bidang Pengembangan dan Kapasitas (Bangtas). Saat seminar aku tidak sendiri, tapi bersama temanku yang juga magang di tempat yang sama. Hanya saja pembahasan laporan KPnya tentang Kampung Hijau.

Seminar laporan kerja praktikku berjalan lancar. Aku dan temanku pun mendapat nilai A untuk mata kuliah 1 sks tersebut. Lumayanlah menyumbang nilai untuk IPK. Hihi. Seminar tersebut dihadiri oleh dosen pembimbing internal (dari kampus) dan pembimbing eksternal (dari instansi/perusahaan) serta teman-teman mahasiswa minimal 20 orang. Kemarin itu pembimbing eksternalku tidak dapat berhadir, ya iyalah jauh dari Yogyakarta ke Banjarbaru. 

Alhamdulillah, selesai.

Seminar Usul


Pada seminar ini, mahasiswa membuat proposal skripsi dan dipresentasikan dengan tujuan mendapat masukan dan persetujuan. Dalam beberapa kasus, di seminar ini proposal bisa tidak disetujui alias harus membuat proposal baru dan diseminarkan ulang. Proposalku sendiri ada banyak perubahan setelah diseminarkan, tapi beruntung tidak harus seminar lagi. Seminar usul ini dihadiri oleh dosen pembimbing I, dosen pembimbing II, 3 dosen penguji, serta teman-teman mahasiswa minimal 20 orang. Flashback ke belakang, aku cukup lama untuk sampai tahap ke seminar usul ini yaitu sekitar 1 tahun setelah pertama kali membuat naskah proposal. Beruntung perjuanganku tak sia-sia, dapat ganjaran nilai A.

Seminar Hasil



Sebelum sidang, foto dulu.
Seminar yang terakhir adalah seminar hasil yang kemudian akan dilanjutkan dengan sidang akhir. Di seminar ini hasil penelitian mahasiswa dipaparkan di depan dosen pembimbing, penguji, dan teman-teman mahasiswa. Seminggu atau dua minggu setelah seminar hasil, maka dilakukanlah sidang akhir di depan 2 dosen pembimbing dan 3 dosen penguji. Yeah, 1 versus 5. Pada saat ini dosen pembimbing pun bertindak sebagai dosen penguji. 

Ini adalah sidang penentuan mahasiswa lulus atau tidak. Jarang sih mahasiswa tidak lulus, tapi lebih seringnya lulus bersyarat atau dengan catatan setelah sidang kesalahan diperbaiki/direvisi secepatnya. Alhamdulillah, nilai A-ku tidak bergeser. Meski lagi-lagi, sama seperti seminar usul, aku cukup lama untuk sampai tahap ke seminar akhir ini yaitu sekitar 1 tahun setelah seminar usul.


Well, itulah 3 jenis seminar mahasiswa yang ada di kampusku. Semoga bermanfaat bagi mahasiswa unyu-unyu yang masih sibuk dengan seminar-seminar.
Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

8 komentar

  1. Wah kalau saya hanya ada dua seminar mbak. Seminar usul penelitian dan seminar hasil

    BalasHapus
  2. jadi ingte jaman kuliha dulu sekali, sekaarng anak bungsuku lagi bikin proposal skripsi

    BalasHapus
  3. Waktunya nyemangatin anak, ya Mbak Tira. Hihi

    BalasHapus
  4. Meskipun masih lama lagi seminar. Tapi sepertinya itu suasananya sangat menegangkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin skrg masih lama tp tahu2 nanti tiba waktunya. Nggak kerasa.

      Hapus
  5. bagi saya, seminar hasil adalah seminar paling mendebarkan yang pernah saya alami. sampai2 ditakut2in oleh tim penguji segala. tapi setelah selesai, perasaan jadi sangat lega.

    BalasHapus

Posting Komentar